Nah lagi-lagi rekan saya datang ke
WD garage .. dengan mengeluhkan Yamaha scorpio yang baru saja dibeli
nya dengan second ada sedikit masalah , nganuuu mas ini mesin nya
kasar banget & agak kurang siph tarikannya .. lha kenapa? yo
wis sini coba kita check! :)
prosedur seperti biasa checking ringan
sekalian service rutin berkala ….. bongkar Carburator & cleaning
box air filter .. nah pas buka carburator aja udah ketahuan
banyak kotoran di mangkuk floating karburator banyak endapan kotor :twisted:
banyak endapan di mangkut tersebut bisa ikut terhisap oleh spuyer (pilot jet – main jet) yang selain bisa mengikis juga bisa membuat salurat lubang2 nya tersumbat , oke sekalian cleaning pakai carb cleaner sampai bersih di bagian2 yang menyempit .. untuk karbu standart scorpio kalau dirasa tidak ada masalah mending membran vakum tidak usah dibuka , cukup bersihkan saluran2 nya (membran scorpio kalau sampai sobek mahal lho harganya :twisted: )
sekalian bersihkan debu2 yang
membandel pada busa air filter, warning ! jangan cuci busa filter
model seperti ini dengan bensin .. bisa hancur mas bro… sekalian
bersihkan box filter yang biasanya ada sedikit cipratan & uap oli
yang keluar dari oil breather engine.
lanjut check busi sekalian bersihkan jika
masih bagus , posisikan TMA (titik mati atas piston) dengan memutar
nut crank shaft dengan kunci shock & ratched handle dari block
sebelah kiri / block magnet, posisi top bisa dilihat dari lubang intip
pada rotor magnet
setelah posisi piston TMA tercapai (bisa juga di cek via lubang
busi, piston sudah mendekati lubang dan berhenti stagnan di atas)
kemudian buka cover penyetel klep dengan kunci pembuka cover *kunci no
24 ,next persiapkan feeling yang good mood untuk melakukan setting valve :mrgreen:
:arrow:
sediakan kunci no 10, obeng (-) pendek
& fuller gauge untuk melakukan setting valve , nah karena
rekan WD ini minta agar di setel rapat yo wis tak setting
di celah 0,09mm untuk valve in & 0,1 mm untuk valve out
*clearence feeling sesuaikan selera setel kendor apa setel span
tentunya masih di range aturan penyetelan :)
nah kasus pada si kalajengking yang
dikeluhkan bersuara kasar ini ternyata saat di tap oli mesinnya
.. wadooouuwwh hitam kental bercampur gram gitu dech….
mulai curiga ini pasti ada yang ga
beres… coba check cartridge oil filter nya dengan membuka 3
baut dengan kunci – L – 5 … wheladalah ternyata endapan oli
bercampur gram ngumpul di area ini , dan si Pio ini cartridge
filternya bukan original , melainkan cartridge seperti pada vixion
dan bebek2 ber cartridge lainnya yang berbahan kertas ..
nah ini dia cartridge model kertas kalau lama ga pernah di
ganti dikhawatirkan mampet karena tersumbat endapan oli jadi memang
perlu di perhatikan pentingnya masa penggantian cartridge oil filter mas bro !
bisa di bayangkan to misal aliran
sirkulasi pelumasan tersumbat di area filter … justru bagian
mesin terutama area cylinder head yang paling pertama terkena
dampaknya…. *setidaknya hal yang seperti ini bisa memicu motor
anda menjadi berisik & kasar , FYI aja filter oli original
scorpio ini ber kode 1UY-13440-02 dan harganya berkisar 75.000 + pajak 10 %
nah setelah semua beres , isi oli
bak mesin si Pio yang berkapasitas 1200ml ini dengan oli baru
*karena tadi bongkar oil filter , ada baiknya pengisian oli
ditambahin sedikit :)
monggo di tambahin kalo kurang & di tunggu share tentang si Pio
salam from warung DOHC_never_ending_exploring
Wassalamu’alaykum :wink:
0 komentar:
Posting Komentar