Pada sepeda motor dengan mesin yang sudah menggunakan sistem injeksi
atau PGM-FI pada Honda, untuk memudahkan pemilik atau mekanik
mengatasi gangguan, komputer dilengkapi dengan fungsi diagnosa mandiri
atau self diagnostic function. Jika terjadi gangguan, lampu indikator gangguan atau Malfunction Indicator Lamp (MIL)
akan menyala selama 2 detik dan kemudian mati (kalibrasi). Bila terjadi
kegagalan atau kelainan pada sensor-sensor PGM-FI, lampu akan
memberikan kode berupa kedipan sesuai dengan sensor yang rusak.
Ada 2 jenis kedipan MIL yaitu pendek (0,3 detik) dan kedipan panjang
(1,3 detik). Jika berkedip pendek, berarti 1 dan MIL berkedip panjang
berarti 10. Kode tersebut akan terus berkedip hingga permasalahan dapat
diatasi. Jika terjadi dua atau lebih kerusakan, semua kode akan
dikeluarkan secara berulang-ulang dan terjadi selama posisi kunci kontak
ON.
Setiap kedipan itu merupakan kode untuk mendeteksi lokasi kerusakan
pada mesin dengan teknologi PGM-FI. Dengan cara ini masalah bisa
ditangani dengan cepat dan akurat.
Berikut kode tersebut
Jumlah Kedipan
|
Kode Kerusakan
|
1
|
Manifold Absolute Pressure
|
7
|
EOT/ECT (Engine Oil/Coolant Temperature)
|
8
|
Throttle Position (TP)
|
9
|
Air Intake Temperature
|
12
|
Injector
|
21
|
Sensor O2/oksigen
|
29
|
Idle Air Control Valve (IACV)
|
33
|
Engine Control Module (ECM)
|
54
|
Bank Angle sensor
|
0 komentar:
Posting Komentar